Sabtu, 28 Januari 2012

Mengapa Diperlukan Pemrograman Komputer?


Mengapa Diperlukan Pemrograman Komputer?

Seperti kita ketahui  sekarang  ini di segala bidang memerlukan komputer  sebagai alat dalam membantu memudahkan / mengautomatisasi suatu pekerjaan sesuai dengan bidang masalah yang ingin dimudahkan. Entah itu pekerjaan paling rumit hingga yang paling mudah dapat diselesaikan dengan bantuan komputer. Bahkan komputer dapat dengan mudah melakukan suatu pekerjaan yang sangat sulit bagi manusia. Komputer dapat dibuat cerdas melebihi kecerdasan manusia.
Maka dari itu tidak heran jika setiap instansi tidak bisa lepas dari yang namanya komputer. Yang menjadi pertanyaan apakah para perusahaan pemroduksi komputer mampu memproduksi sebuah komputer yang dapat membanmtu mempermudah segala bidang pekerjaan?? Jawabnya tidak  mungkin. Lalu apa yang membuat komputer dapat digunakan  untuk memudahkan suatu pekerjaan yang beraneka ragam?
Disinilah peran dari para programmer untuk bisa membuat program komputer dimana program ini membuat komputer mampu  mengautomatisasi  suatu sistem tertentu sesuai dengan yang diharapkan. Misalnya jika ingin membuat komputer bisa membantu mengautomatisasi suatu sistem inventori  barang (pemasukan , pengeluaran, dan sirkulasi barang) maka programmer membuatkan sebuah program komputer untuk menangani sistem inventori tersebut dimana program itu mampu menerima input data inventori, megeditnya, atau menghapusnya, mampu menangani data sirkulasi barang (peminjaman / pengembalian), mampu membuat surat peminjaman barang saat terjadi transaksi peminjaman barang, mampu membuat laporan inventori barang berdasarkan data-data / informasi inventori yang tersimpan pada komputer, dan fitur-fitur lain yang mungkin dapat dibuatkan oleh sang programmer. Selain program inventori, masih banyak lagi program yang bisa dibuat sesuai dengan keperluan, misalnya program untuk dapat digunakan di bank, program cerdas yang dapat membuat jadwal kuliah secara otomatis seperti yang pernah saya buat hehehehe..Ada juga program untuk menangani sistem informasi pendidikan, pemerintahan, program game sepak bola  dan banyak lagi. Tidak mungkin saya sebutkan satu persatu, silahkan cari sendiri contoh-contoh yang lain yakk.
Sudah jelaskan betapa pentingnya program komputer serta peran sang programmer dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi? Tanpa program komputer, sebuah komputer hanyalah sebuah barang elektronik canggih yang tidak bisa berfungsi apa-apa.

Sedikit Tentang Program Komputer
Mesin komputer pada dasarnya melakukan operasi aritmatika dasar (penambahan atau pengurangan), operasi logika (and, or, xor, nor), dan perulangan instruksi. Operasi-operasi itu dikendalikan oleh program yang dibuat sesuai keperluan. Jadi suatu program entah itu program canggih maupun sederhana pada dasarnya mengendalikan operasi-operasi dasar tersebut yang dapat dilakukan mesin komputer. Misalnya sebuah program sangat sederhana sekali yang saya deskripsikan dengan bahasa manusia seperti ini:
Inputkan nilai  x
Inputkan nilai y
Jika x > y and x > 0 and y >  0 maka lakukan pekerjaan berikut:
                Selisih = x – y
                Tampilkan Selisih di layar monitor
Selesai
Pernyataan “Inputkan nilai  x” dan pernyataan  “ Inputkan nilai y” merupakan perintah yang diberikan kepada komputer untuk menerima input data/nilai  dari x dan y dari pengguna komputer
Pernyataan “Jika x > y and x >= 0 and y > = 0” memerintahkan komputer untuk mengecek apakah x lebih besar dari y dan apakah x dan y lebih besar dari nol. Jika pernyataan itu bernilai benar (true) maka dilakukan dua baris perintah berikutnya secara berurutan dari atas ke bawah. Alhasil monitor komputer menampilkan nilai dari selisih x dan y.
Berikut ini contoh program yang menggunakan kemampuan perulangan pada mesin komputer:
For x = 1 to 1000 do
                Tampilkan x
Selesai
Pernyataan “For x = 1 to 1000 do” merupakan perintah untuk melakukan perulangan perintah “tampilkan x” sebanyak 1000 kali. Pada awal perulangan nilai x diberi nilai  1. Kemudian setiap siklus pengulangan nilai x bertambah 1. Alhasil,,tarammm layar monitor menampilkan bilangan dari 1 sampai 1000. Pada program sebenarnya, pekerjaan yang diselesaikan tidak sesederhana seperti yang saya jelaskan diatas. Ini hanya sebagai sedikit pengenalan saja bagaimana kedudukan program komputer dalam sebuah sistem komputer. Setiap aplikasi yang ada pada komputer merupakan sebuah program, misalnya aplikasi pengolah kata, aplikasi pengolah angka, aplikasi pengolah gambar, aplikasi pengolah suara atau video, bahkan sistem operasi Windows, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar